Brainware VS Software

UU Cyber yang telah disahkan Pemerintah menerapkan tiga level yaitu masyarakat, software dan jaringan provider. Dan Pemerintah telah membentuk Indonesia-Security Incident Response Team on Internet Infrastruktur (ID-SIRTII ; semacam badan pengawas internet Indonesia) Khusus software, program yang satu ini memang sengaja di produksi dan dibagikan secara gratis untuk meminimalisir tayangan yang kurang senonoh. Ya, kurang senonoh. Tetapi, seberapa efektifkah program ini bekerja, kita semua belum tahu. Apakah program ini bersifat preventif atau kuratif ?, kalau jawabannya preventif berarti program ini masih dalam masa percobaan dan kalo jawabannya kuratif berarti masalah yang dihadapi sudah cukup parah.Berbicara masalah software tidak akan terlepas dari kata hardware. Software merupakan program yang menunjang kerja hardware untuk mempermudah pekerjaan . Selain istilah di atas, ada istilah yang lebih penting lagi yaitu brainware (Sumber Daya Manusia pengguna komputer). Ketika software diciptakan, brainwarelah yang berjasa pada proses penciptaannya. Bentar, aku pasang headset dulu mo dengerin lagunya ROTRA.-Jagal Pabu

Kita semua tau bahwa software akan mengalami perubahan (update) guna memcapai titik yang diharapkan. Lain halnya dengan Brainware, ketika sebuah chip ( IQ ; Kecerdasan Intelektual, EQ ; Kecerdasan Emosi, dan SQ ; Kecerdasan Spiritual) ditanamkan ke otak kita, sebuah kejadian yang luar biasa akan terpatri di diri kita. Software perlu update untuk mengikuti perkembangan jaman begitu pula dengan brainware. Tanpa mengasah ketiga komponen diatas sangat mustahil bagi brainware untuk berbuat kemaslatahan di bumi ini.

Sedikit berbagi pengalaman tentang komponen diatas (software, hardware, brainware). Software tetaplah sebagai piranti lunak yang memudahkan kita untuk bekerja. Tetapi, memudahkan dalam urusan apa? Ketika mau pergi ke luar kota bersama keluarga, aku sengaja menitipkan laptop ke teman sekantor demi keamanan. Temanku tau persis bahwa laptopku isinya A – Z, aku percaya banget, mau dipake ngetik atau main game terserah. Dua hari bepergian sudah cukup untuk ngrefresh otak. Sebelum pulang, aku sempatkan mampir ke rumah teman untuk mengambil laptop n berbagi oleh2. Setiba di rumah aku coba liat isi laptop, he…he…he…. ternyata aktivitas yang dilakukan temanku tidak sebatas ngetik dan main game tapi lebih dari itu. 1. Window Media Player, file dengan ext. Dat. dan avseq terlihat dan meninggalkan jejak. 2. File foto biasa, istimewa ‘n spesial (maaf kaya’ menu martabak) terlah terbuka. 3. Aku dapat melihat aktivitas hentakan keyboard temanku selama dalam pemakaian. Keesokan harinya aku berusaha menanyakan film yang ditontonnya, seketika itu temanku terkejut,” Ah, nonton film apa? Kamu ada2 aja”. T’rus fotonya udah dapet blom? Seraya berpura2 tidak tau, dia mejawab,”Foto yang mana lagi?”. Dan yang ketiga sengaja aku tidak bertanya karena hanya aku yang tau. Secara sederhana, di kompi atau laptop telah terpasang secara auto. untuk mencatat/merekam serangkaian peristiwa (baca; log). Temanku tau persis isi laptopku A – Z tetapi dia tidak ngeh (baca; tau) software yang telah terinstall di laptop. Salah satu software itu ialah keylogger. Ya, Semua itu kembali pada brainware.

Mungkin berhubungan dengan : Mencari metadata sebuah foto | Copy – Paste | Mengontrol emosi diri

[ awal ]

About these ads

15 Tanggapan to “Brainware VS Software”

  1. asuna17 Says:

    Tulisan artikel di blog Anda bagus-bagus. Agar lebih bermanfaat lagi, Anda bisa lebih mempromosikan dan mempopulerkan artikel Anda di infoGue.com ke semua pembaca di seluruh Indonesia. Salam Blogger!

    http://www.infogue.com/

    http://infogue.com/software/brainware_vs_software/

  2. Mas, ajarin bikin keyloggernya.
    he..:-)

    coba link tsb. panduannya lengkap

  3. stanwanabi Says:

    Hi Numpang lewat bro…
    Cuma sekedar lewat…

    “Menurutku SDM yang gak mendukung, juga gak mendukung bwt Software yang ada”
    “Bwt apa software canggih tanpa ada sang Brainware”

    Salam kenal…
    Artikel keren… :)

  4. Memang antara software dan brainware sangatlah berhubungan.
    Ketika software anti xxx disebarkan ke sekolah dan instasi sebersit dipikiranku bahwa buat apa software itu diedarkan. Padahal aku sendiri sangat percaya bahwa seorang admin di lembaga pendidikan dan instansi tsb sudah dibekali IT yang lebih. Dalam masalah ini brainwarelah yang sangat memegang kendali bukan softwarenya.

  5. Fatchur99 Says:

    kalo masalah si situs tripleX udah dibatasi kok, kemaren2 waktu mampir ke lab kampus coba browsing file2 exploit udah di blokir, situs2 tripleX pasti udah juga tapi tanpa mengurangi rasa hormat pada admin, sy coba2 exploit server + tunnel kanan kiri eh ternyata tembus juga(setelah kira2 1 jam coba2) dan internet kembali “luas”. Sebenarnya metode pemerintah untuk menyadarkan pengguna dunia maya sudah pada jalur yg benar. biar bagaimanapun logika sederhana kalo nggak mau rumah kita kebobolan jangan ada pintu tapi ini kan konyol. seperti contoh yg Mas berikan misal nggak ada *.dat nan indah ato foto istimewa nggak mungkin temennya buka. dan kalo mau berbuat kejahatan lakukan dengan sesempurna mungkin karena kita akan lebih dihargai(pendapat pribadi). karena sebenarnya program activity ato key logger dapat dg mudah dikenali tinggal kreativitas anda.
    Sebenarnya menurut saya sebaik-baik kontrol adlah pada akhlak kita pribadi namun untuk menciptakannya kadang perlu “cambukan” orang lain dg adanya peraturan.

    YUP. aku setuju point terakhir, akhlaklah yang berperan semuanya.

  6. wah..jadi gak bisa buka2 laptopnya ayah nih.., buka dompetnya aja deh..

    Ye….

  7. na' . . Says:

    Mmm..
    artikenya pas bgt.
    mau tnya ni,, kira2 klo mau bkin makalah tentang brainware judulnya apa yaaa..??
    krna brainware itukan termasuk dalam komponen teknologi informasi..
    sedangkan makalah itu harus berkaitan dengan komponen TI..
    tolong na’ di kasi masukan ya..
    trimakasiii..

  8. terus, yang dimaksud brainware yang mana? apa brainware itu adalah software untuk mengakali software?

  9. mana gambarnya miskin bgt

  10. artikel na bgus bgt tp lbh bgt ge low…dbwt lbih detail ge….salam kenal…

  11. Anonymous Says:

    teknologi yang bagaimana pun canggihnya, tidak laCh berguna tanpa ada si-
    brainware…………
    betul tidak……..??????……
    :O

  12. [...] Tip, Tulisan ini juga berhubungan : Mengapa sih pake MS-word 2007 | Di buka pake apa file ini | Brainware VS  Software | mencari metadata sebuah [...]

  13. abu hurairah Says:

    artikelx bagus-bagus, trima ksih infonya ttg edit file pdf

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: