emang ada belajar yang benar?

Terima kasih kepada saudara Hangi yang telah menjadi guru pertama saya di blog learning revolution (revolusi cara belajar) menanyakan tentang cara belajar yang benar dan efektif. Satu point telah anda jawab. Apa itu?

Sebelum menjawab pertanyaan anda, saya bertanya pada beberapa orang yang saya jumpai, dan mereka memberikan jawaban “harus semangat, pelajarannya apa dulu, Ya…. Harus disesuaikan kurikulum donk, emang usia yang mo belajar berapa? (eh malah nanya), waktunya harus tepat, bahkan seorang nenek memberikan jawaban,” emang ada belajar yang benar?”. Dan yang terakhir seorang mahasiswa memberikan saya setumpuk buku, “nih baca, semua ada di sana”. Maksudnya apa ya nenek tadi? Kembali ke laptop!

Belajar tentang cara belajar dan cara berfikir, seperti Accelerated learning,

super learning, suggestopedia, whole-brain learning, interactif learning. System terbaik adalah “belajar sejati” (true learning). Bingung khan?! Sama, saya juga bingung. Semuanya menyenangkan, mendorong kita untuk menggunakan “kecerdasan” dan indra untuk belajar dengan lebih baik.

Lynn O’Brien, Direktur Spesific Sudies Inc. Di Rockville Marland mengemukakan bahawa ada 3 gaya utama belajar : Secara, haptik, visual dan auditorial. Ventje Jeremias Lewi Engel mempunyai tujuh cara ; Suasana hati yang positif, pemahaman, kilas ulang, telaah dan pelajari kembali, mengingat, metode menulis, membuat ringkasan. Lain halnya dengan Steven Corey, resepnya adalah; Bertanggung jawab atas dirimu sendiri. Pusatkan dirimu terhadap nilai dan prinsip yang kamu percaya. Kerjakan dulu mana yang penting. Anggap dirimu berada dalam situasi “co-opetition” (bukan situasi “win-win” lagi). Pahami orang lain, maka mereka akan memahamimu.Tantang dirimu sendiri secara berkesinambungan. Cari solusi yang lebih baik. (Dari buku Seven Habits of Highly Effective People karangan Steven Covey).

Belajar akan efektif kalau anda dalam keadaan fun (Peter Kline, The Everyday Genius, diterbitkan oleh Great Ocean Publichers Inc). Memang setiap orang mempunyai gaya belajarnya sendiri yang unik dengan kekuatan pribadi mereka sendiri.(Barbara Prashing, The Power of Diversity). Belajar adalah suatu proses. Artinya kegiatan belajar terjadi secara dinamis dan terus-menerus yang menyebabkan terjadinya perubahan. Ada yang mo nambah, silahkan.

praktik.png

By Gama

8 Tanggapan to “emang ada belajar yang benar?”

  1. maksudnya yang fun itu giamana sih, trus metodenya pake apa

  2. dianasafitri Says:

    aku senang slogannya. memang harus dipraktekkan, kalo tidak ya… ngga” bisa

  3. tai lu ventce

    Apa itu ?

  4. aq bingung dulun waktu SD dan SMP aq tu pintar tapi ga tahu juga waktu SMK ini kog jadi ga pintar lagi yach…???
    Dulu c pernah waktu bad ada gempa aq kena di otak, apa gara2 itu yach..??
    aq minta solusinya donk yach..???
    tengkyu yach sebelumnya…

  5. apa kita harus belajar dalam keadaan fun trus??
    bagaimana mencari solusi agar otak kita terisi sempurna dengan pelajaran yang sudah kita pelajari??

  6. apa kita harus belajar dalam keadaan fun trus??
    bagaimana mencari solusi agar otak kita terisi sempurna dengan pelajaran yang sudah kita pelajari??

    MOHON KERJASAMANYA

  7. pepen Says:

    seandai nya kita belajar tanpa fun, apa sih yang akan terjadi////

  8. namakuananda Says:

    semoga ulasan ini membantu
    @ giyanti : kalo dulu, SD-SMP pinternya karena apa hayo? itulah yg harus dipertahankan. Untuk masalah otak sepertinya anda harus konsultasi dengan ahlinya dan cobalah menyenangi apa yg sedang anda lakukan.

    @ deny : kalo belajarnya gag FUN juga gag apa2 kok, asal apa yg kita cari dapat dipahami (bingun khan he…he….he…), konsentrasi dan selalu selalu menghargai waktu.

    @ pepen : pernah merasakan belajar dengan terpaksa? itulah yang anda rasakan saat itu. kalo capek ya…. istirahat dulu, dengerin musik, nonton TV, atau kalo suka baca komik/novel, just do it.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: