Emang Benar

Aku teringat seorang nenek yang berkata, “Emang ada belajar yang benar?’. Pada detik itupun aku tidak mempermasalahkan apa yang diucapkan Si Nenek. Tapi setelah itu …..

Tepat di tempat yang sama aku bertemu lagi dengan Si Nenek. ”Wah, ini kesempatan untuk bertanya lagi nih”. Nek,”S’lamat pagi, masih ingat saya? Yang waktu itu bertanya ama nenek tentang belajar yang benar.”OO… itu”,Terus. Saya mau nanya jawaban nenek, waktu itu nenek jawab,”Emang ada belajar yang benar? Lha itu maksudnya apa nek? Sambil tersenyum nenek menggerak-gerakkan jarinya seperti Wyper mobil di depan mukaku. ”He..he… emang lucu nenek ini,”gumamku. Pada saat itu Si Nenek memanggil anak sekolah yang lagi lewat didepannya. ”Dik, kesini. Empat tambah lima berapa?” Si Anak menjawab,”sembilan nek”.

Kalo kamu, sambil menunjuk kearahku,”sembilan juga nek. Benar sembilan?” Kata nenek sambil bertanya kepadaku. Kalau memang benar jawabannya sembilan berarti kebenaran itu sesuatu yang tidak berubah. Hari ini benar, besok, lusa selalu benar. Di tempat ini benar, ditempat lain pasti benar. Jadi menurut nenek,” belajar yang benar itu sangat susah. Karena tiap orang punya gaya dan cara belajar masing-masing”.

kebenaran.png

Add to Technorati Favorites

2 Tanggapan to “Emang Benar”

  1. Fatchur99 Says:

    kebenaran sendiri sifatnya ada yang relatif contoh klo kita nanya ama tukang foto 3×4 berapa? jawabanya mungkin 1000. he..2x cuman bercanda. Tapi katanya kebenaran hakiki adalah Tuhan itu sendiri yang tercermin pada karya2 agungNya. dan sebenarnya kalo kita mau mendengar hati nurani kita, kebenaran akan muncul dengan sendirinya.
    Biar bagaimanapun ilmu pasti dan ilmu alam berlaku dalam kondisi dan syarat berlaku (kaya iklan seluler).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: