Mengontrol Emosi Diri

Dengan mengamati pemandangan atau alam sekitar sebelum matahari terbit segala nampak gelap. Akan tetapi ketika matahari terbit, gelap mulai menghilang. Apakah matahari harus memerangi gelap atau mengusirna? Tidak, yang dilakukan matahari hanyalah terbit dan menyinarkan cahaya sehingga kegelapan pun menghilang sendiri. jika ada cahaya, kegelapan tidak akan ada. Tidak ada gunanya kita menekan emosi, ibarat sebuah PER , semakin ditekan per itu akan memberikan tenaga yang lebih (aksi min reaksi, sebuah aksi akan memberi reaksi). Salah satu yang membangkitkan emosi adalah prasangka.

Pada suatu pagi, ketika diadakan rapat antar departemen membicarakan evaluasi produksi, tiba-tiba salah seorang menguap di tengah rapat. Spontan karyawan lainya menoleh ke arahnya tidak terkecuali Sang Bos ikut menggelaengkan kepalanya seraya berkata,” Saya kecewa sekali dengan anda, anda tampaknya tidak peduli dengan hasil rapat ini!” Karyawan itu langsung tertunduk. Wajahnya pucat. Ia berkata lirih,”Maaf saya ingin menyampaikan sesuatu. Saya seharusnya tidak bisa hadir dalam rapat ini, mengingat rapat ini sangat penting maka saya sempatkan hadir.” Matanya berkaca-kaca,”Anak saya tadi malam mengalami kecelakan. Saat ini ia sedang di rawat di rumah sakit dalam keadaan tidak sadar. jadi tadi malam, saya tidak bisa tidur”. Semua karyawan langsung tertunduk. Mereka terjerumus pada prasangka, paradigma, atau belenggu pikiran yang menganggap, jika ada orang menguap di tengah rapat diartikan orang tersebut “Tidak Antusias”. ( Baca Kecerdasan Emosi dan Spritual, Ary Ginanjar, Arga, 2001)

trnscool1.gifSebuah prasangka negatif menimbulkan sebuah emosi.

28 Tanggapan to “Mengontrol Emosi Diri”

  1. Fatchur99 Says:

    Kadang pengendalian diri emang sulit apalagi dalam kondisi tertekan dan butuh konsentrasi tinggi, kayaknya harus banyak2x belajar nih?

  2. mengendalikan emosi memang bukanlah sesuatu hal yang mudah untuk dilakukan…mengingat marah adalah salah satu kebutuhan dasar manusia disamping sandang, pangan dan papan. Perlu niat dan usaha yang keras untuk tidak menjadi orang yang pemarah!

  3. […] ada hubungan dengan : Mengontrol Emosi Diri | Kaca Mata Hijau | Bahasa Ku Susah […]

  4. ADERIA LATIFAH DIANA Says:

    KADANG WALAUPUN KITA TAU ORANG ITU BENAR TAPI KITA TETAP AJA EGOIS AND G BISA MENERIMA SEBUAH KEKALAHAN DALAM BERDEBAT

  5. Opo ki maksud te, ra jelas boz.
    emosi ni ye😀

  6. MUSTARMAN Says:

    Saya merasa kalo saya benar2 egois,apa lg ketika saya harus menerima kekalahan

  7. memang susah mengontrol emosi
    ku harus banyak bersabar dan banyak belajar
    untuk mengontrol emosi ku sendiri
    huh…

  8. memang sulit sekali mengontrol emosi. Terkadang niat kita ingin tidak memarahi atau janji dalam hati untuk tidak lg marah-marah, tetapi ketika orang tersebut tidak sengaja membuat kesalahan padahal kita tahu kalau orang tersebut tidak sengaja, spontan keluar nada meninggi dari kita atau berfikir negatif yang langsung terfikir di otak kita.

  9. saya rasa,berbagi dan cba menenangkan diri adalah hal yang mudah utama yang harus dilakukan. walau kadaang hati tidak ingin marah namun,setiap godaan itu pasti ada dan bagaimana caranya kita belajar menerima kesalahan itu sendiri

  10. Jadi, intinya ada di prasangka negatif itu yah, Gan? Berarti hampir mirip sama kejadian ini

    ” Prang.., dari dapur terdengar suara seperti piring atau gelas yg pecah. Si A, sang majiikan langsung bergegas ke dapur untuk melihat apa yg terjadi. Di dapur, dia melihat seorang pembantu sedang membereskan pecahan-pecahan kaca. Tanpa berpikir panjang si majikan langsung memarahi si pembantu habis-habisan.

    Tiba-tiba, sang mertua datang dan berkata: “Maaf, nak yg menjatuhkan piring dan gelas itu bukan pembantu, tapi Ibu. Ibu tidak sengaja tadi…”

  11. Ongkong Says:

    Emosi kadang d timbulkan krn kurang rasa kepercayaan,,,
    Saya termasuk org yang Susah skali tuk mengendalikan Emosi..!
    Katax Emosi juga d akibatkan darah Tinggi.

  12. riswandi Says:

    hahahah,,, emosi y, coba di redam dengan cara menjauh dari orang2 kan cendirian tuh, klo g coba inget2 wajah cantik ayu & rupayan pasangan kita,,,, good luck ^_^

  13. si kecil Says:

    kasihan suami saya karena serin menjadikorban atasemosi saya sehingga tidak jarang malam2dia menemani saya di luarrumah atau di jalan untuk meluapkan dan dengan sabar mendengarkan segala keluh kesah saya.

    saya beruntung mempunyai suami seperti ayah, bundasayang ayah ~_^

  14. Lenty Indak Says:

    Iya juga sih, saya pernah alami saat ada meeting dan bos saya lagi bicara, walaupun kita bete jangan tunjukan depan bos. kok ini lain dia nulis and bicara sama teman disampingnya. apa gak sopan ya? mala saya yang marah ya lihat tingkah dia, tapi lama kelamaan saya pikir ngapain sewot mending gue cuekin aja, nanti dia kok yang di nilai jelek, tapi para pembaca maniak itu kaga bagus tu………..kaga sopan tanda nya kurang diajar sama ortu ye…………….hiiiii kampung banget ya……….

    • – Mustarman :
      Tetap semangat🙂

      – ahmad
      siiiip. setutu🙂

      – ananda
      he’em🙂

      – devta
      setuju, harus tetap pitch control🙂

      – cerita cinta
      assiiiik . . betul . .betul . .betul
      bisanya ngomel2 ajah ya🙂

      – ongko
      hehehe . . . kalo sering emosi bisa darah tinggi.
      kalo dah darah tinggi biasanya suka emosi, lho kok?

      – lenty
      Bersepakat dengan : ngapain sewot mending gue cuekin aja dengan catatan udah respek dengan sikon waktu itu.
      Sama kok, yang nulis ini suka sewot kalo lihat orang sibuk dgn dirinya sendiri🙂

  15. devi_smpn1TT@rocketmail.com Says:

    ada punya yg lebih lengkap mengenai mengontrol emosi?

  16. fatynn_love 4€va Says:

    i like this status !!

  17. fatynn_love 4€va Says:

    mengapa selalu saya tengah belaja didalam kelas .saya sering mengantok ??mungkin dalam keadaan gelap .saya tidak mudah masuk ke kepala .sehinggakan kini saya lupa apa yang saya belajar !!

  18. Arul PunkIn-luph Says:

    gmn caranya mengatur/mengambil alih prasangka??rata-rata kn kita yg di atur sama perasaan/prasangka……

  19. Tp kadang ada aja yg membuatku marah sehingga slalu emosi.sbenarnya aku bukan tipe org pemarah .

  20. devi_smpn1TT@rocketmail.com :
    ayooo . . . sharing cara mengontrol emosi yuk, mungkin ada yang lebih cesspleng🙂

    – fatynn_love 4€va :
    hehehe . . . saya dulu juga sering mengantuk di dalam kelas bukan karena capek tapi materi yg terlalu monoton, (nulis aja ato ceramah melulu)
    terpenting jaga kondisi. OK
    Luv u, teachers

    – Arul PunkIn-luph :
    Kata Bondan Prakoso,” Positive Thinking.
    tarik nafas panjang🙂

    – Tuti winarni :
    Alhamdulillah. subhanallah.
    cobaan slalu ada disekitar kita. arrrr yuuu reeedhee🙂

  21. […] Mengontrol Emosi Diri, Otak-tengah-di-tengah-tengah-silahturahim, Dari-bung-tomo-sampai-bungkusan-gombal, Cinta-segitiga-hadir-dalam-hidupku, Halaman depan. […]

  22. emosi yg tdk kita bendung, terkadang mencari alternatif untuk melampiaskannya. Kontrol diri intinya harus lebih bisa n memahami

  23. […] diriku. Dengan menyemprit diriku  berarti masih ada yang respek dan mau perhatian, sekalian dapat mengontrol diri ini, iya toh? Apalagi sekarang buat blog baru yang masih ada hubungan dengan aktifitas bekerja, […]

  24. gimana cara mengontrol emosi pada saat kita sedang ada masalah dengan orang yang kita cintai ????

  25. […] https://learningrevolution.wordpress.com/2008/03/27/mengontrol-emosi-diri/ Share this:TwitterFacebookLike this:SukaBe the first to like this post. By pratamabk2012 • Posted in Pribadi 0 […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: