May be Yes, May be No [renungan di bulan mei]

Bulan Mei, bisa jadi May be Yes, May be No. Di awali dengan May Day, Hari Buruh (1 Mei). Para buruh menyuarakan sekeras-kerasnya agar dihapuskannya sistem buruh kontrak dan peningkatan Upah minimum. Memang upah buruh di negara kita masih rendah di banding negara tetangga. Apakah kita selalu membandingkan hal yang berbeda dalam melihat atau menilai sesuatu? Dalam benakku,” Sudah tau beda kok di bedakan”. Untuk membedakan sesuatu cukup disandingkan. Jangan dibedakan. Semoga pemerintah dapat mengambil kebijakan win-win solution bagi buruh dan pemilik perusahaan dengan cerita yang happy ending. Titik.

2 Mei 2008, Hari Pendidikan Nasional, tepat di usia 100 tahun, semoga di tanggal ini tidak sebatas seremonial aja. Mari kembali ke cita-cita Ki Hajar Dewantara, UUD ’45 pasal 31 dan menciptakan peserta didik yang ber- IQ, EQ, dan SQ yang mulia. Tanpa ketiga kata itu mustahil bangsa ini akan bangkit.

Kritik tulisan Ki Hajar Dewantara : “Sekiranya aku seorang Belanda, aku tidak akan menyelenggarakan pesta-pesta kemerdekaan di negeri yang kita sendiri telah merampas kemerdekaannya. Sejajar dengan jalan Pikiran itu, bukan saja tidak adil, tetapi juga tidak pantas untuk menyuruh si penduduk pedalaman memberikan sumbangan untuk dana perayaan itu. Pikiran untuk menyelenggaraan perayaan itu saja sudah menghinakan mereka, dan sekarang kita membongkar pula koceknya. Ayo teruskan penghinaan lahir dan batin itu! Kalau aku seorang Belanda. Apa yang menyinggung perasaanku dan kawan-kawan sebangsaku terutama ialah kenyataan bahawa bangsa penduduk pedalaman diharuskan ikut mengkongsi suatu pekerjaan yang ia sendiri tidak ada kepentingan sedikit pun”. (Als Ik Eens Nederlander Was, Seandainya Aku Orang Belanda)

20 Mei, Hari Kebangkitan Nasional. Sudah 10 tahun silam, 20 Mei 1998 terjadi peristiwa yang sangat dinantikan sebagian masyarakat Indonesia, pergeseran / reformasi untuk menyelamatkan bangsa, tetapi apa yang kita lihat sekarang. Percepatan pertumbuhan di bidang ekonomi, pendidikan, dan sosial budaya sangat lamban. Disebabkan karena apa, akupun ngga’ tau. Cobalah tanya pada rumput yang bergoyang.

Masih terngiang lagu …..

Ku lihat ibu pertiwi sedang bersusah hati. Air matanya berlinang ’mas intan yang kau kenang. Hutan gunung sawah lautan simpanan kekayaan. Kini ibu sedang lara, merintih dan berdoa. IBU, sudah cukup air mata yang engkau teteskan di negeri ini.

Untuk mengatasi masalah yang ada saat ini, Bapak Pemegang Amanah Bangsa, Bapak Susilo Bambang Yudhoyono membacakan naskah pidato di hadapan rakyat Indonesia yang berisi tentang dampak ekonomi global kurang lebih 10 menit, aku menyimak dan sedikit banyak paham yang sedang dihadapi bangsa ini. Krisis pangan, minyak dan keuangan. Himbauan beliau agar meningkatkan SDM dengan terobosan teknologi dan kebijakan menekan pemakaian BBM dan listrik di semua lini. Mencari solusi cerdas dengan memanfaatkan ekonomi global mungkin salah satu langkah efektif. SAVE OUR NATION.

artikel terkait :

  1. Save our planet
  2. Mencari titik keberhasilan

[Kembali]

4 Tanggapan to “May be Yes, May be No [renungan di bulan mei]”

  1. Saya mendengar sekilas pidato “awal tahun” Pak Presiden…
    Dengan gamblang SBY meminta pejabat pemerintah untuk mengurangi penggunaan AC, listrik, dan kepada pemilik mobil + sopir angkot untuk mengurangi penggunaan BBM. Wes pokokNa, semua diajak berhemat.

    Ajakan dan imbauan SBY sangat bagus. Meski imbauan tersebut sebenarnya tak perlu ada jika kita sudah dibiasakan (dan terbiasa) menggunakan listrik, BBM dan apapun lainnya, sesuai kebutuhan, secukupnya.

    cuman ya itu, kita (saya ding🙂😦 ) termasuk produk masyarakat yang memiliki gengsi tinggi, boros, dan kurang mampu bersyukur…

    karena esensi bersyukur adalah memanfaatkan sekaligus menjaga pemberianNya….

    Ajakan dan imbauan yang bersifat positif harus sering2 diteriakkan, meskipun sebagian orang gerah mendengarkannya. PEACE. Neng.🙂

  2. chuanwei Says:

    KALO MAU BIKIN BLOG, JANGAN LUPA MASUK SINI: http://www.leoxa.com/
    (Themenya Keren Abiss & Bisa Pake Adsense)

    ========
    ========
    rame yang udah berpindah daripada blog-blog lainnya ke blog Leoxa.com karena theme yang keren

  3. anunk Says:

    Betul, imbauan SBY memang bagus. Alangkah bagusnya bila benar2 bisa dilaksanakan.

    Gimana menurut mas? Bisa gak kita berhemat?

    Kayaknya cuman jadi sekedar himbauan aja mas:)

    Lebih baik sering2 di himbau deh, biar kita inget.
    Hemat, blom mas, masih suka boros.
    Kalo ngurangi, sering, … ngurangi rokok temen🙂

  4. gadis sayidina Says:

    hemat peke komputer, biar monitornya awet ya yah..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: