Museum, Iya, Perpustakaan, Iya

Mendengar kata Perpustakaan dan Museum, kita langsung berpikiran pada sebuah gedung yang memajang deretan buku dan benda-benda purbakala. Perpustakaan beda dengan Museum, Museum sama dengan perpustakaan.

Memandang sekeliling ruang Perpustakaan, pastilah kita dihadapkan pada deretan buku, majalah, pamflet, manuskrip, kaset, slide, mikrofis, rekaman fonograf dan karya media audiovisual yang tertata rapi di etalase perpustakaan, berbeda dengan Museum. Museum lebih banyak mengetengahkan dan menghadirkan benda-benda peninggalan purbakala yang mempunyai nilai historis. Untuk istilah Perpustakaan, Library, dan bibliotheek masih mempunyai ikatan batin, semuanya berkaitan dengan buku. Memang terdengar sangat klise, buku merupakan jendela untuk membuka cakrawala dunia,

Nah, sekarang apa bedanya Perpustakaan dengan Toko Buku? Sulistyo Basuki mengatakan bahwa perbedaan utama sebuah perpustakaan dan toko buku adalah; bila toko buku menyusun buku yang akan di jual dengan tujuan mencari keuntungan maka perpustakaan bertujuan mendayagunakan koleksinya untuk kepentingan pembaca. (Pengantar Ilmu Perpustakaan, GM, 1993)

Jika anda ingin membaca buku di perpustakaan, Apa yang anda cari pertama kali; mencari Katalog, Pengarang Buku, ,judul Buku, topik/karakter materi, edisi, jenis literatur atau sekedar have fun aja. Melokalisir Perpus-Museum. Keduanya sebagai Pusat Sumber Belajar dan tempat yang cocok untuk ng-refresh pikiran/rekreasi.

Menyenggol masalah ini, Pernahkah anda melakukan foto-memfoto dalam suatu kegiatan, mengumpulkan buku, artikel majalah atau barang-barang antik yang mempunyai nilai historis dan seni dirumah anda? Bahkan mungkin anda sebagai kolektor perangko atau uang kuno. Jika anda menyusunnya dan menjadikan koleksi pribadi, apakah itu yang disebut Perpustakaan? Atau museum pribadi? Plis, AP TU YU. Semoga menjadikan rumah kita Perpus-museum mungil untuk anak, keluarga, dan masyarakat di sekeliling kita.

Jangan salah, beda Perpustakaan-Museum-Dokumentasi.

[ Teras Depan ]

9 Tanggapan to “Museum, Iya, Perpustakaan, Iya”

  1. artikel anda bagus dan menarik, artikel anda:
    pendidikan terhangat
    “Artikel anda di infogue”

    anda bisa promosikan artikel anda di http://www.infogue.com yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!

  2. Satuju…

    Kaya’-nya Bapak yang satu ini udah punya perpus mungil.

  3. dianasafitri Says:

    Yang abis baca buku ngga’ dirapiin siapa hayo? ๐Ÿ™‚

  4. he he he… itu artinya diperpustakaanku dirumah, banyak buku-buku lamaa (saya suka ngumpulin buku dari mulai bisa baca, dan sebagian bukuku ada yang milik almarhum bapakku, yang tulisanya masih pake kata “oe” “dj” “tj” dsb) jadi seperti museum ya…

    Jangan lupa pengkodeannya, Bunda. Oce.

  5. iya ya…
    kalau dengar perpustakaan pasti larinya ke buku aja…๐Ÿ™‚

    Sama mas, abis di perpus kita jarang di putar film dokumenter.

  6. Museum..? Perpus..? Internet aja kali yee..

  7. ardansirodjuddin Says:

    Artikel yang bagus. Kalau boleh kita berkirim informasi. Silahkan kunjungan kami di http://www.ardansirodjuddin.wordpress.com

  8. Mas Gama wajib datang ke Perpus Kota Malang
    gedungnya OK, buku2nya up date terus. klo g salah skrg ada 32ribu buku.
    ada ruangan khusus utk anggota perpus anak2
    ada pemutaran film secara berkala
    jd pusat pelaksanaan aneka pameran. pameran buku, lukisan, dll
    10 Juli ntar ada big sale buku

    dewi mo bikin perpus pribadi cuman belon dapet lemarinya,
    kesian buku2Na, msh numpang di kardus. meski sebagian dah ada yg “ngontrak” di lemari.

    Keknya pernah deh ke perpus malang, dah lama buanget

  9. Semua perpus n museum sbenarnya bagus, hanya kemasan dan citra di sebagian masyarakat Indonesia-nya aja yang masih harus di benahi.. Pemerintah juga harusnya proaktif, jangan cuma iklan aja..

    Ya Iya deh, Masa’ Ya Iya Dong๐Ÿ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: