QWERTY, apa itu?

Ada yang tau siapa penemu mesin ketik? Yang aku kagum kepada penemunya adalah penempatan huruf , karakter, dan semua fungsi yang ada di keyboard itu sendiri. Mesin ketik manual – electric – keyboard kompi – keypad QWERTY semuanya unik.

Inget semasa SMP mengikuti pelajaran pilihan, mengetik. ASDF JKL: QWERT PLIUY, adalah dasar pengetikan pertama kali. Jari-jari diletakkan pada tempatnya, pembagian tugas sepuluh jari sangat ketara dan ibu jari mendapat tugas yang paling ringan, menekan tut spasi. Selama 3 bulan, akhirnya jago ngetik juga. Sedikit berbekal kecepatan mengetik, akhirnya kesampaian juga membuat rental pengetikan dengan modal patungan dengan teman kuliah. Dan hasilnya pun lumayan buat tambahan beli buku, meski bukan buku pelajaran, tapi buku yang bermanfaat. Setelah jenuh hanya ngetik melulu mencoba menawarkan jasa ngedesain, desain apapun bentuknya, kalo pun ngga’ bisa dan cukup rumit dilempar aja ke orang lain, gampang khan? Ha..ha…ha….

Terlalu banyak bermain dengan mouse dan fungsi keyboard untuk menggambar + analisa perhitungan dalam menyelesaikan pekerjaan sampai lupa letak jari untuk menekan ASDF JKL:-nya. Sekarang, mencoba meletakan jari ditempatnya hanya sekedar menuruti teori saja, tapi pada akhirnya yang menari hanya 4-6 jari saja, itupun kalo semuanya lagi mood. Memang, dalam menyelesaikan pekerjaan, sisi sebelah kanan keyboard yang lebih banyak aku pergunakan, Ctrl, Alt, Shift, F dan number. Apalagi KLIK KANAN sangat membantu dalam pengoperasian fitur/fasilitas program itu. Sungguh berbeda jika anda seorang Penulis atau anda sering melakukan aktiftitas pengetikan dokumen. Tanpa melihat keyboardpun anda pasti hafal letak hurufnya. Mau mencoba, berapa kecepatan pengetikan huruf atau kata dalam setiap menitnya? Disini tempatnya atau pengin tau fungsi alat itu, klik aja gambarnya.

Itulah rahasia penemu mesin ketik/keyboard dengan menempatkan 26 huruf, karakter dan fungsi.

10 Tanggapan to “QWERTY, apa itu?”

  1. He..he… dari dulu saya malah pakai 11 jari (jari tengah tangan kanan 1, dan jari tengah tangan kiri 1, jadi 11 kalau disandingkan). Saya kagum sama orang yang bisa menggunakan kesepuluh jarinya untuk mengetik.

  2. Meski 11 jari, tapi hasilnya weleh – weleh, torehan pena dan hentakan jari Bapak menghunjam Banjarmasin Post. Selamat Pak.

  3. Lah, dari SMP dah belajar MENGETIK….
    Kok masih Lammmmmmaaaaaaaaaa bangetz ya ngetiknya…😀

    masih mending ngetiknya pake keyboard, yg parah ngetik sms pake HP jadul🙂

  4. standar pengetikan untuk yg mahir dan tidak mahir itu berapa karakter per menit?

    Ada yang bisa jawab nih ? waduh lupa berapa ya?

  5. haloo

  6. assalamu’allaikum…………

  7. Tolong dong kasih tau. Huruf apa saja yang di tempatkan di tiap jari dalam mengetik?

  8. @ prillya : hallo juga🙂

    @ Anonymous ; bisa langsung ke sini

  9. asliny aqwerti itu artinya apa ya…..

  10. tak perlu sepuluh,ku hanya menggunakan satu jari telunjuk

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: