TERAPI TULISAN TANGAN (GRAPHO-THERAPY)

Setiap orang mempunyai karakter yang berbeda dalam tulisan tangannya. Untuk mengenali kebiasaan dan kepribadian anak/seseorang, Psikolog di Amerika dalam penelitiannya selama 10 tahun terakhir telah menemukan bahwa kebiasaan, perilaku dan kepribadian yang kita miliki terbentuk selama masa kecil kita. Banyak trauma masakecil yang berdampak pada kepribadian seseorang hingga orang tersebut dewasa. Kini metoda untuk merubah kebiasaan dan kepribadian anak yang kurang baik dengan merubah cara anak menulis dikenal dengan istilah “Grapho-Therapy”.

Para psikolog di Amerika juga telah menerapkan Grapho-therapy selama lebih dari 30 tahun dan mereka sampai pada kesimpulan bahwa Grapho-Therapy adalah metoda yang tercepat, termudah dan terbaik untuk merubah perilaku/kebiasaan seorang anak.
Grapho-Therapy akan maksimal hanya jika memenuhi persyaratan berikut:

  1. Anak berusia 13 tahun ke bawah
  2. Konsisten (Dilakukan selama setiap hari minimal 3 bulan berturut-turut selama minimal 10 menit setiap hari)
  3. Selangkah demi selangkah  (Tentukan dahulu masalah/perilaku yang akan dibuat dan diterapkan grapho-therapy untuk satu trait saja dalam satu kurun waktu)

Hasil yang diharapkan setelah pelatihan ini adalah para guru dapat lebih mengenali karakter masing-masing anak didiknya, menghindari trait yang dapat berkembang menjadi karakter yang merugikan bagi anak dan dapat segera mengenali timbulnya gejala konflik atau stress pada diri anak melalui tulisan tangannya.

PREFERENSI KARAKTER ANAK

Secara umum pola menulis yang dianjurkan adalah huruf-huruf yang paling simple, tulisan yang rapi, ritme yang baik, jarak antar spasi dan antar kata yang teratur dan komposisi margin yang baik.
Pada dasarnya, anak-anak pada usia sekolah diharapkan memiliki dasar-dasar dari karakter-karakter tertentu yang dapat mendukung perilaku positif dari anak tersebut, dan secara umum dianggap dapat membantu anak baik di sekolah maupun sebagai bekal kehidupan di masa depannya.

BEBERAPA PREFERENSI KARAKTER

  1. Memiliki kemampuan berkonsentrasi yang baik ( i- titik dekat dengan batangnya )
  2. Memiliki sikap yang positif terhadap dirinya sendiri/ percaya diri ( t- strip tinggi menunjukkan rasa percaya diri yang sehat )
  3. Memiliki sikap yang positif dalam kehidupan social dan masyarakat dan dalam mengatur hidupnya
  • Kemiringan Tulisan

Cara seseorang memandang hubungan social dengan orang lain dapat dianalisa melalui kemiringan tulisannya. Kemiringan antara 0-2 o diukur dari garis tengah bujur derajat adalah kemiringan yang dianggap ideal. Anak dengan kemiringan tulisan yang vertical ini cenderung realistis dan rasional. Kemiringan ke kanan menunjukkan anak yang ramah, mudah bergaul akan tetapi sisi lain dari trait ini adalah mereka cenderung emosional dan mudah merasa iba.

  • Spasi

Spasi adalah indicator dari hubungan seseorang dengan lingkungannya. Spasi yang ideal berjarak kira-kira 1 huruf m atau 2 huruf n. jarak spasi yang teratur antar baris dan kata menunjukkan kecenderungan anak yangstabul, rapih, dan mampu bersosialisasi dengan baik

  • Margin

Keseluruhan margin yang baik dan teratur menunjukkan kecenderungan anak memiliki nilai estetika, tujuan yang jelas dan kosisten karena margin adalah indicator bagaimana seseorang menata hidupnya.

  1. Margin kanan yang sempit menunjukkan anak tidak takut untuk maju ke masa depan dan tidak memaksakan kehendak
  2. Margin atas  > 1 cm menunjukkan rasa rendah hati dan perhatian pada orang lain
  3. Margin kiri  / 1 cm dan teratur lurus menunjukkan sifat mau maju dari masa lalu, peduli terhadap orang lain dan baik hati

BEBERAPA TRAITS YANG HARUS DIWASPADAI

Dalam analisa tulisan tangan, sebuah trait dapat dianggap berlaku jika ia muncul cukup sering dan konsisten dalam tulisan seseorang. Jika sebuah trait muncul kurang dari 3 kali maka trait tersebut dapat diabaikan.
1. Segala sesuatu yang ‘terlalu’ atau ekstrim
a. Kemiringan yang ekstrim

  • ke kiri menunjukkan kecenderngan anak menarik diri, takut pada komitmen, keras kepala, egois dan suka memberontak
  • ke kanan menunjukkan anak tidak sabar, terburu-buru dan cemas
  • ke kiri dank e kanan menunjukkan kecenderungan anak sedang tidak stabil, sulit untuk diprediksi dan tidak bahagia

b. Ukuran huruf yang ekstrim

  • Terlalu kecil menunjukkan kecenderungan anak tidak percaya diri, cenderung tidak jujur dan depresi
  • Terlalu besar menunjukkan kecenderungan anak egois dan ingin segala sesuatu berpusat kepada dirinya

c.  Margin yang ekstrim

  • atas terlalu sempit menunjukkan kecenderungan anak yang arogan, egois, selektif dan tinggi hati
  • bawah terlalu sempit menunjukkan kecenderungan anak yang materialistis dan kurang tegas
  • kiri terlalu sempit menunjukkan kecenderungan anak yang masih membawa ketakutan di masa lalu dan memiliki masalah dengan hubungan dengan orang lain

d. Garis dasar yang ekstrim

  • naik ekstrim menunjukkan kecenderungan anak yang mudah gelisah dan memiliki ambisi yang berlebihan
  • turun ekstrim menunjukkan anak sedang mengalami depresi yang serius dan hanya peduli kepada diri sendiri

2. Bentuk Hook di tempat-tempat tertentu
Hook atau sudut tajam di daerah bawah atau lower zone karena trait ini dapat menjadi indikasi awal dari adanya kecenderungan trauma

3. Bentuk Coils
Coils atau kail, jika anak memiliki trait ini secara jelas dan tegas (terutama di huruf C) maka menunjukkan adanya kecenderungan keegoisan dan ketidakjujuran

4. Bentuk Loop di tempat-tempat tertentu
Loop atau bulatan di huruf-huruf yang berbentuk bulat seperti  ‘a’ dan  ‘o’

  • di depan huruf, maka anak tersebut memiliki kecenderungan untuk menipu dirinya sendiri
  • di belakang huruf, maka anak tersebut memilki kecenderungan untuk menyimpan rahasia
  • ada dua bulatan di dalam huruf, maka anak ini memilki kecenderungan untuk berbohong. Semakin besar loop-nya maka semakin besar pula kecenderungan yang dimiliki anak tersebut

Tulisan ini aku copy – paste untuk para orang tua dan guru, semoga bermanfaat.

Kalisuren, 18 November 2006
Diringkas oleh: Fitri ( Bunda, Kepala Sekolah TK/SD Insan Teladan Bogor )

( Kembali )

18 Tanggapan to “TERAPI TULISAN TANGAN (GRAPHO-THERAPY)”

  1. Terapi Tangan artikel yang cukup menarik. Salut dech ama pengelola web blog ini.

    Salam kenal

  2. hi…hi…hik.🙂
    Makanya dulu kalo nglamar pekerjaan pake tulisan tangan. Jadi ini maksudnya.

  3. Kalo untuk orang dewasa bisa ngga’ buat ngeramal wataknya?
    Trima kasih infonya.

  4. hmm.. kalau saya sepertinya agak susah untuk dianalisa secara pasti..
    Soalnya tulisan tangan saya berubah-ubah.

  5. tulisan tangan saya dibaca sebagai orang yang pintar (hehehehe!), tapi angin-anginan, ga suka diperintah dan banyak ide. aslinya, saya sering rada telmi, ga kreatif banget, dan lebih suka sendiri.
    nah, mesin ternyata bisa banyak bikin salah, ya….

  6. @ Sepedagaek : matur nuwun

    @ Rahmat : Iya X mas🙂

    @ Mustika : bukan buat ngeramal tapi menganalisis, (ceile bahasanya)

    @ a3u5z1i : meski beda tapi pasti punya ciri. misal huruf G, Y, I, T, O

    @ wyd : Tuh udah tau

  7. aaaahhhh….

    palingan bokis…

    he..he..he..

    met hari TNI yeh…
    wkwkwkwkwkwkwk…😉

  8. wah terima kasih infonya… manfaat banget nih…🙂

  9. hmm..kalo tulisan yg ditulis keyboard PC ini… ada ga terapinya? hehe…

    Ada2 aja mbak ini🙂

  10. gila gila…
    Berarti tar klo wa cari kerja tulisan tangan sangat diperlukan ya???
    Wah wah wah…thnxs bngt tuh infonya teh….🙂

  11. seep2…..
    senang berkunjung….
    salam..

  12. Mohon Infonya,
    Saya sangat membutuhkan alamat lengkap psikolog yang dapat memberikan terapi tlisan tangan in. Karena anak saya mengalami kesulitan menulis dan belajar.
    Terima kasih

  13. thankx ya untuk tulisannya. banyak hal baru nih.

    kunjungin juga ya kami

  14. Rachma Says:

    Salam kenal…..

    Terus terang saya sangat terkesan dengan Artikel ini ” Terapi tulisan tangan” kalau boleh saya tau, Di manakah tempat pratek terapi ini berada? dan saya minta tolong Alamatnya yg jelas.

    Terima kasih,
    Rachma

  15. namakuananda Says:

    @Rahma : maaf, mbak, ibu, tulisan ini hanyalah hasil workshop para guru-guru di SD Insan teladan. untuk alamatnya saya usahakan untuk menghubungi ya.

  16. tulisan tangan saya selalu berubah-ubah, terkadang bagus terkadang acak2an..pasti sulih ya..hehe

  17. […] Wilson (2005-02-01). “Writing wrongs”. BBC News Magazine5. Fitri. 18 November 2006. TERAPI TULISAN TANGAN (GRAPHO-THERAPY) 6. John A. Thomas. 2002 Graphology Fact Sheet. North Texas Skeptics. 7.      Kanti, 12 […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: