Untuk Siapa Aku Berkorban

Semua mata tertuju pada tiga bocah yang terampil memetik gitar kecilnya. Memainkan jari-jemari dan terampil mengolah lagu dengan aransemen yang cukup sederhana di perempatan jalan di bawah rambu Bang Jo, terlihat tak acuh melihat sekeliling orang yang memandangnya. Dua gitar kecil dan satu alat terbuat dari galon bekas minuman mineral seolah memecah suasana lalu lalang kendaraan dan teriknya sinar matahari. Terdengar sebuah lagu : guitar1ternyata begitu berat
jalankan semua printahMu
bekerja dan terus bekerja
tak kenal lelah dan tak kenal waktu

gema adzan subuh, kami masih terlelap
gema adzan dhuhur, kami sibuk bekerja
gema adzan ashar, kami geluti dunia

gema adzan magrib, kami diperjalanan
gema adzan isya’, lelah tubuhku Tuhan
tak pernah lagi, kubaca firmanMu
pantaskah surga untukku ?

Ehhmm…. Terkadang lagu yang dilantunkannya tidak mendapat respon apa yang diharapkan oleh pengamen kecil itu. Rentetan syair yang dapat membuat degup jantung berdebar, bulu kuduk merinding, emosi jiwa memuncak, tapi apa….

Mereka sibuk bekerja tak mengenal lelah, untuk siapa? Hasil jerih payah dan cucuran keringat yang di dapat untuk makan saja sudah beruntung, apalagi menyisakan uang untuk masa depan. Mungkin dan atau tidak mungkin ada sedikit yang disisakan untuk keluarga mereka. Lantas, dimanakah orang tua mereka? Orang-orang dekat yang mampu mencukupi kebutuhannya? Sebagian orang ada yang ”membenarkan” bahwa pengamen kecil itu sebagai tindakan Ekploitasi Anak. Silahkan jika anda turut ”membenarkan” pendapat sebagian masyarakat kita itu.

Kehidupan mereka banyak dihabiskan dijalanan, mengapa? Jangan menyalahkan takdir, suatu ketetapan yang sudah digariskan-Nya yang tak dapat di ganggu gugat. Tidak sedikit orang yang mengambil jalan pintas dalam memperoleh suatu hasil tanpa memperhatikan proses yang mesti dilalui sebelumnya. Suatu pilihan jika memang mereka mengais rejeki di alam bebas dan hidup dijalan. Dan, tidak tahu pasti kebahagian apa yang mereka rasakan ”hidup dijalan”, merekalah yang tahu pasti jawabannya. Kamu pasti menjalani (keadaan) tingkat demi tingkat ( Q.S. 84 Surat Insyiqaaq (terbelah) ayat 19).

melepas-lelahKebahagiaan. Lelah, tubuh bersimbah keringat, kerongkongan kering dan mungkin umpatan nada kasar seseorang menjadi satu, tapi kebahagian dan keceriaan anak-anak itu tak dapat dikalahkan oleh semua itu. Beristirahat sekedar melepas lelah, bercanda, bermain adalah adalah saat-saat yang menyenangkan bagi mereka untuk melupakan panas teriknya sengatan matahari, dinginnya air hujan, bau asap knalpot, dan suara yang tidak sedap di telinga mereka.

lukisan-dindingJika anda melhat grafiti kecil yang tergores di dinding tembok itu, apa yang dituliskannya terkadang tidak masuk diakalpikiran kita, tidak untuk melecehkan Sang Pencipta, mereka tetaplah anak bangsa, generasi penerus negeri ini yang perlu bimbingan dan arahan yang pasti.

Allahu Akbar…. Allahu Akbar… Allahu Akbar…. Insya Allah, suara kumandang gema takbir di hari ini, 10 Dzulhijah 1429 H dapat lebih mengikhlaskan hati, kebagiaan mereka, kita semua sesuai dijalan-Nya. Amin.

34 Tanggapan to “Untuk Siapa Aku Berkorban”

  1. kebahagiaan tidak bisa diukur dengan materi
    Tapi kebahagiaan itu ada di hati, dan biarkan kita berkorban untuk yang penting dalam hidup kita, kalau mereka berarti buat mereka
    selamat hari raya Idul Adha ya

  2. paling mudah dan murah korbankan dulu nafsu dan ego kita…

  3. hiks, mengingat kan saya pada diri saya sendiri, sempat merasa jauh dari -nya, maafkan kamu ya Tuhan, semoga kami tetap mendapatkan ridho Mu

    ayadinata.com

  4. semoga Allah memberikan setiap hamba-Nya yg bertaqwa segenap kebaikan.

  5. Ya ALLAH jadikan pemilik blog ini manusia manusia pilihanMU yang berkeyakinan bahwa bumiMU yang terhampar luas adalah masjid baginya, kantornya adalah musholahnya, meja kerjanya adalah sajadah,

    Kemudian fungsikan setiap tatapan matanya penuh rahmat dan kasih sayang sebagai refleksi dari penglihatanMU, jadikan pikirannya husnuzhan, tarikan napasnya tasbih, gerak hatinya sebagai doa, bicaranya bernilai dakwah, diamnya full zikir, gerak tangannya berbuat sedekah, langkah kakinya jihad fi sabillillah.

    Selamat hari raya IDUL ADHA …

    RINDU a.k.a ADE

  6. mencari ridho Allah swt
    semua yang kita lakukan
    juga blog kita ini
    begitu?

  7. salam kenal yaaaaaaaa kak :p
    semua takdir itu dapat kita ubah dengan kita berikhtiar dan berdoa kepada Allah SWT.
    met idhul Qurban ya…. hehehe🙂

  8. Met takbiran serta met lebaran haji,ya sahabat baikku

    salam hangat selalu

  9. Met lebaran haji juga yaaa….😀 hari ini aku solat ied nya kepisah nih, akibat tugas kantor

  10. semoga Tuhan memberi mereka rejeki.
    selamat hari raya idul adha..

  11. gema adzan subuh, kami masih terlelap
    gema adzan dhuhur, kami sibuk bekerja
    gema adzan ashar, kami geluti dunia

    lah, ternyata tertulis GEMA to…
    tak kirain tadi GAMA,😀

  12. wah serem mas gambarnya!!!!!!

  13. @ reallylife : ‘met hari raya Idul Adha juga mas, Insya Allah dalam lindungan-Nya

    @ bunda : ehm…. gitu ya

    @ maychaell adinata : Insya Allah, Amin. Amin

    @ fachri : Insya Allah mas.

    @ Rindu : Trima kasih doanya,
    aku masih teringat syair Ibadah Bangkai, sederhana tapi sejuta makna,
    Aku kadang ngintip syair2 Rindu tapi tak kuasa menoreh kata2ku, karena aku suka cengengesan (suka bergurau)
    Masih satu jalan, dan kini sahabatku mampir disini.

    @ masedlolur : ya, semua keikhlasan hati kita tertuju pada-Nya

    @ accan : Selalu berikhtiar dan berdoa untuk menuju Ridhlo-Nya. Met Haari idul Adha juga mas.

    @ bluethunderheart : tuk sahabatku, demi waktu. Salam hangat juga blue.

    @ Raffael : Semoga di negeri Jiran, mas dan semua keluarga selalu diberkahi nikmat dan Ridlho-Nya

    @ inforesep : met lebaran juga mbak.

    @ dewi : mesti ….. mesti….. nambahin yang ngga’…ngga’….. padahal aku udah pasang mimik serius,
    Bener, D, untung gag salah tulis ya🙂

    @ ainulfahmi : waduh…apanya yang serem? jangan di eksploit lho🙂

  14. Wah, met idul adha ya?

  15. aku akan mencoba mengerti akan sesuatu yang selalu di hadirkan oleh sahabatku ini dengan sebuah keikhlasan yang tak terhingga. adalah jerat sang waktulah yang bisa menarik tali persahabatan itu agar lebih mendekat.

    aku akan selalu disini sahabat. Menyapa dan memberi sesuatu yang hanya bisa sedikit memberikan karyanya padamu/

    salam hangat selalu

  16. jadi abang memiliki jawaban atas novelku yang ,isteriitu bang? Apa? biar aku untaskan………………senang abang hadir menyemangati aku

    salam hangat selalu

  17. Selalu belajar tuk ikhlas dalam memberi…
    sama-sama belajar yuk🙂

  18. Selamat Idul Adha,mas.

  19. kebaikan, atau kebenaran terkadang muncul dari hal-hal yang kadang kita abaikan, atau malah tidak kita sukai
    maka bersiaplah menerima hikmah dari mana saja, bahkan dari kucing yg baru keluar dari comberan sekalipun..

    seperti kematian, ia diam namun dalam diamnya sesungguhnya ia sedang menasihatimu betapa kematian adalah janji yang paling pasti..

    salam kenal, salam kunjung

  20. ainnodong ~ syalala ~ Says:

    artikel ny bagus .
    🙂

    kebahagiaan meskipun tak besar tp berharga .
    itu yg drasakan anak” tersebut .
    🙂

  21. suhadinet Says:

    Mari terus berbagi sesuai kemampuan kita.
    Selamat Hari Raya Idul Adha 1429 H.

  22. pertanyaan besar saya..mengapa setiap lebaran haji kita harus memotong hewan kurban… bukankah berkurban itu bisa dengan cara apapun? Misalnya bikin sekolahan untuk anak2 jalanan itu…

  23. kadang saya aja yg krj di dlm kantor aja sering terlambat sholat.padahal secara waktu lbh longgar.
    jd ingat nasehat AA Gym, katanya luangkan sejenak saja buat sholat ditengah2 jam kerja kita.
    lirik lagu diatas keren bgt, penuh makna bgt.suer..
    salam kenal ya mas…

  24. selamat sore duhai sahabat?

    senang bila kamu mengisi harimu dengan sesuatu yang bisa menyenangkan hati dan perasaanmu. semoga!

    salam hangat selalu

  25. @ Edi Psw : Sama2 mas, semoga amal dan keikhlasan hati kita di terima olehNya

    @ bluethunderheart : untuk sahabatku, apresiasi nove itu ada disetiap orang dan si empuya pompa yang dapat mengalirkan semangat kreatifitas tuk menuju sebuah karya yang bermakna dan elegan. salam hangat juga blue.

    @ bunda : sama2 dan selalu belajar, kangen hangga, bunda

    @ langitjiwa : sama2 tuk berbagi di Hari yang suci ini mas.

    @ rusle : terima kasih sahabat, kau ingatkan aku akan skenario kematian.

    @ ainnodong~syalala~ : begitulah tingkah laku anak2 mbak, selalu membawa kita untuk terus belajar dalam kehidupannya

    @ suhadinet : selamat Hari Raya Idul Adha juga Pak, Insya Allah keikhlasan hati dan selalu berbagi selama ini dapat imbalan dari-Nya.

    @ kucingkeren : jawaban besarku, susah untuk menjawab pertanyaan besar dari sahabatku ini, butuh empati, dan untuk memotong hewan kurban diwajibkan yang sudah mampu, terlepas dari makna yang tersirat dari peristiwa itu apakah cukup memahami dari suri teladan dari orang tua (Nabi Ibrahim) dengan anaknya (Tatkala itu Ismail), keikhlasan hati kitalah yang berbicara.

    @ anas : salam kenal juga mas, Semoga amal ibadah kita senantiasa diterima disisiNya.

    @ bluethunderheart : salam hangat selalu blue🙂

  26. Terimakasih ya….🙂
    dah mampir di blogku…..
    kak boleh tukeran link tow….🙂

  27. Kak aku mau tanya
    Gimana caranya biar ada tampilan foto di sebelah kiri (http://…….) atas itu lho…
    aku kasih tau caranya ya….
    klo bisa dikirim lewat di koment atau email ya……. thx ngrepotin

  28. jadi malu pada diri sendiri

  29. mas, di daerah sy byk jg anak jalanan. cm setelah sy & teman cr tau, ternyata anak2 itu punya bos. uang hasil ngemis & ngamen disetor ke bos. ntar bos nya yg atur tu uang mo dibagi brp. selain itu mereka jg jd anak sewaan. itu lo..anak sewaan buat ibu2 ato nenek2 ato bapak2 pengemis. br kt jd tambah prihatin dan ga segan buat ks duit. anak sewaan itu biasanya dibayar per hari.

  30. Maaf ngebales komentnya :

    @ accan : boleh kalo mo tukeran link.
    Untuk penataan foto insert image pada tulisan yang akan disisipkan gambar – pilih rata kiri – gambar/image ditarik/resize sesuai ukuran yg dikehendaki – udah jadi deh🙂

    @ suwung : boloku sing siji iki komentare jeru, dalem banget

    @ heri : monggo Pak

    @ inforesep : nah ini dia masalahnya mbak, menurutku mata rantai yang membuat anak2 terjerat oleh ikatan besi itu harus diputus. Aku sendiri melihat, betapa jelasnya si pengamen bocah menyodorkan sejumlah uang pada “Sang Bos”.

  31. apa yg bs aku lakukan bwt menolong adik2ku ini ya?
    *sebenernya sih sudah pasti ada jawabannya tp realisasinya msh seret😦 *

  32. Ya Allah berikanlah kemudahan bagi bangsa ini,bagi rakyat indonesia, limpahkan rohmatMu dinegeri ini!!!!!!!!!!!

  33. tolong donk…d mn link download lagu itu yah….
    tuh jg klo memang udah ada…? coz ny dari dulu ane gak nemu link bwat download lgu itu…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: