Ilmu Kantong Bolong

Apakah mungkin kita menerapkan Ilmu Kantong Bolong pada era ini? Ya atau tidak tergantung pemahaman tentang ilmu ini sendiri. Ilmu yang sederhana dan jarang sekali diangkat dipermukaan pada acara seminar, lokakarya atau workshop dunia pendidikan, kepemimpinan, bahkan pelatihan kepribadian-etika, mungkin kurang juga disentil disela-sela obrolan ringan. Ilmu kantong bolong ini dilatarbelakangi oleh sosok yang low profile yang bernama R.M Sosrokartono. Dilihat dari namanya Sosrokartono, beliau adalah orang Jawa Indonesia.

Kantong Bolong atau kantong kosong, sekilas bahwa kantong itu berlubang dan kosong. Jika memang itu maksudnya, berarti tidak ada sesuatu/materi yang dapat tertampung di dalamnya. Tapi beliau berpendapat lain:

Ilmu kantong kosong merupakan laku cinta-kasih kepada manusia dan Tuhan. Cinta kasih sempurna adalah antusiasme dan empati untuk menolong sesama manusia dalam mengatasi derita, rasa sakit, dan duka. Cinta-kasih adalah ekspresi pengabdian kepada Tuhan.

Sebuah pernyataan yang indah dan sangat elegan yang meluncur begitu tulus dari kakak kandung R.A Kartini. Sosrokartono tak kalah berpengaruh dibandingkan dengan saudarinya RA Kartini. Bedanya, Sosrokartono lebih banyak menutup diri, menekuni kebatinan tanpa publikasi luas.

Cinta kasih secara vertical dan horizontal sangat melekat pada ilmu ini. Ketika berada pada peradaban yang sangat kompleks, social-ekonomi yang masih meraba dan meramu rumus yang jitu agar menjadi Negara yang gemah ripah lo jinawi, toto tentrem kertoraharjo, dunia pendidikan yang berputar sangat cepat kurang dibarengi dengan energi ekstra menjadikan ilmu kantong bolong hanya sekedar kantong bolong yang memang kosong. Ehm…. Mudah-mudahan tidak.

Wejangan penting dari Sosrokartono, antara lain, sugih tanpa banda, digdaya tanpa aji, nglurug tanpa bala, menang tanpa ngasorake (kaya tanpa harta, sakti tanpa azimat, menyerbu tanpa pasukan, menang tanpa merendahkan). Sebuah filsafat laku yang merangkum dunia ekonomi, militer, politik, hingga sosial atau etika.

Bisakah kita melakukan wejangan itu? Yang Maha Pemberi, Dzat yang mengatur alam dan isinya selalu memberikan sesuatu yang terbaik bagi hamba-Nya jika kita semua mau belajar dari materi yang diciptakan-Nya.

24 Tanggapan to “Ilmu Kantong Bolong”

  1. Istilah kantong bolong keren juga, hehehe kesanya ngerti, tapi gak paham yak, banyak yang gitu sekarang, angguk2 tapi gak paham

  2. He2, cinta kasih itu madep ngalor sugih, madep ngidul sugih, tanggal enom ngguyu tanggal tuo atine seneng

  3. Manteb tenan, Mas…
    Sepertinya Mas ini sealiran dengan Kang Soewoeng, yang punya prinsip sesuatu yang isi adalah kosong…

  4. Wejangan penting dari Sosrokartono, antara lain, sugih tanpa banda, digdaya tanpa aji, nglurug tanpa bala, menang tanpa ngasorake (kaya tanpa harta, sakti tanpa azimat, menyerbu tanpa pasukan, menang tanpa merendahkan). Sebuah filsafat laku yang merangkum dunia ekonomi, militer, politik, hingga sosial atau etika.

    Itulah ilmu Sejati…

  5. Wejangan penting dari Sosrokartono, antara lain, sugih tanpa banda, digdaya tanpa aji, nglurug tanpa bala, menang tanpa ngasorake (kaya tanpa harta, sakti tanpa azimat, menyerbu tanpa pasukan, menang tanpa merendahkan). Sebuah filsafat laku yang merangkum dunia ekonomi, militer, politik, hingga sosial atau etika.

    Itulah ilmu Sejati….

  6. Wejangan penting dari Sosrokartono, antara lain, sugih tanpa banda, digdaya tanpa aji, nglurug tanpa bala, menang tanpa ngasorake (kaya tanpa harta, sakti tanpa azimat, menyerbu tanpa pasukan, menang tanpa merendahkan). Sebuah filsafat laku yang merangkum dunia ekonomi, militer, politik, hingga sosial atau etika.

    Itulah ilmu Sejati….

  7. bang………………
    akhirnya ku menemukan postingan tingkat tinggi dari abangku ini
    hebat!
    salam hangat selalu

  8. Daripada ngomentari komentar lebih baik ikut komen(tar) juga ah😆 cinta tak semurni bensin motorku.

    loh….wis ono mas Randu sing ng-gawe hatrik ….huahahaha….
    sapimoto… matur suwun mampir disini. yo… ngelmu soewoeng bikin tambah gaptek…clingak…clinguk… belum ada kang soewoeng ya😆
    cinta kasih itu menghadap utara, kaya, meghadap selatan, kaya, tanggal muda, tertawa, tanggal tua, hatinya senang,” kata gambar kebo …. eh… gubrik:mrgreen: Raffael pun nge-Gong-ngin…leng-geleng-geleng-geleng-geleng-geleng-geleng kek lagunya P-project🙂
    waduh….. dobleh yang malang berlabuh lagi……langsung menuju TKP masing2…. huuuuuwheeees….

  9. ilmu kantong bolong, boleh juga

    ilmunya boleh juga?

  10. kalo di dalam Islam namanya zuhud, tapi bukan berarti kalah di dunia. Hal itu mencegah kita untuk tidak jadi sombong dan meremehkan yang lain. Filosofi Jawa memang kaya makna…

    zuhud
    ya, setuju mas, akhlak yang selalu mengarah kepada Sang Pencipta, Allah.

  11. tu kan sama dengan habluminallah dan habluminannas.. kok jadi ilmu kantong bolong yak..?

    kurang lebih demikian mas🙂

  12. Wah, aku baru tahu yang namanya ilmu kantong bolong

    tapi sekarang kantongnya mas edi gag lagi bolong kan🙂
    atau habis buat renovasi rumah?

  13. dinda pikir kantong bolong ntuh bokek gag daw duwit blazzzz eeehhh ternyata????

    eeehhhh ternyata😆

  14. mudah2an cuma istilah…😀

    yoi mas, itu cuma ungkapan/wejangan dari Pak Sosrokartono🙂

  15. aku belum siap bang……………
    jadi ya gityu dech
    salam hangat selalu

    waduh…blom siap kemana? ke jalur Gaza😆

  16. suhadinet Says:

    Sebagian besar kita (baca: saya), masih dibelenggu dan membelenggu diri dengan nafsu…
    Suatu laku yang berat untuk dilaksanakan, tapi pastinya sangat mulia.
    Tapi, biar bagaimana, mari kita mencoba mengarah ke sana.

    O, jadi sosrokartono itu saudaranya R.A. Kartini.. Baru tau.

    sama pak, saya juga pinginnya seperti itu, tapi…..

  17. Ya, betul mas Nanda. Banyak filsafat made in lokal yang sebetulnya canggih, tapi kurang digali. Nah! Mas Nanda ini penggali yang patut dikasih penghargaan (tapi tanpa PR ya.. ha.. ha.. ). Ilmu itu juga yang dulu banyak dikutip petinggi negara kita, cuma waktu itu gak diamalkan sepenuhnya ya… Bolehlah sekarang kita amalkan. Berani apa gak, hayo?!

    waduh…. dapet predikat “Penggali” dari pak Heru😀 aku terima pak, meski gag dapet … itu-tu. Masalah berani atau tidak keknya sekarang pada berani atau milih ke Jalur Gaza😉

  18. Wejangan penting dari Sosrokartono saya menangkapnya ada sebuah ke IKHLASAN… mudah2an saya tidak tangkap salah. Nrimo dan SEDERHANA.

  19. […] cuma sebentar… Juliach : Selamat menempati rumah baru. Nih udah lama aku tak bisa ngisi komentar! namakuanda : beberapa hari ini kok susah masuknya sih mas, ada security baru yah? semoga rumah barunya membawa […]

  20. bang………….
    kemarern aku belajar ilmu antong bolong
    salam hangat selalu

  21. ada dua versi toh artinya… baru tahu…😀
    Postingan yang bagus…. salam persahabatan..🙂

  22. Memang itu kiasan syariat beliau, setelah itu di lanjut kan dengan ILMU SUNYI, seperti sunyi ing pamrih dlsb.

  23. Yah begitulah ilmu, penuh dengan misteri, hanyut jika tdk memahami. Ilmu Kantong Bolong, Ilmu Kebal Nyamuk, Ilmu Padi dan sebagainya, sungguh sebuah ilmu yang pantas untuk kita dalami.

  24. Mohammad Hosnan Says:

    ASSALAMUALAIKUM
    PP.NURUL AMIN
    WRINGIN – BANYUWANGI ==============
    ALHAMDULILLAH HIROBBIL ALAMIN BERKAT RAHMAT SERTA HIDAYAH ALLAH S.W.T SERTA IZIN MAHA GURU DENGAN BEKAL ILMU KEWALIAN KAROMAH,KAMI DATANG BAGI ANDA YG PUNYA MASALAH HUTANG,BANGKRUT USAHA,BUTUH MODAL,DLL…BERSAMA KH. MOH. HOSNAN,DENGAN IZIN ALLAH,RENTANGKAN
    SAYAPMU,GAPAI DUNIAMU,KEJAR CITA CITAMU,RAIH SEMUA IMPIANMU,AGAR ORANG LAIN TIDAK LAGI MENGHINA ANDA
    KAMI SIAP MEMBANTU DENGAN….
    1. KANTONG SUGIH
    2. DANA GHAIB
    3. NIKAH DG JIN
    4. UANG BALEN
    5. NOMER REJEKI
    6. PENGASIHAN
    7. PENGLARISAN…DLL
    DI JAMIN 100% SUKSES
    PROSES CEPAT TEPAT TERPERCAYA
    BAGI YANG BERMINAT

    SILAHKAN HUBUNGI
    KH. MOH. HOSNAN NHP : 085745358402
    082342890202 bila anda telfon tidak di angkat,mohon tinggalkan pesan,berarti kami sibuk tamu
    TERIMA KASIH.
    WASSALAM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: