Puing Cinta

Hujan yang mengguyur pemukiman padat penduduk mulai pagi hari  itu tidak menyurutkan Kurosawa dan Kasnov saling bertarung mengasah dan beradu stategi. Sudah dua kali Kasnov kalah dalam permainan catur di siang itu tapi Kasnov pantang menyerah dan selalu mencoba langkah barunya. Kasnov memainkan buah putih, diawali dari langkah e2-e4 dan dibuka dengan e7-e5 oleh Kurosawa pertanda adu strategi di kotak 32 telah dimulai. Tanpa diduga, Kasnov melangkah f2-f4, Kurosawa langsung menyambut bidak Kurosawa e5xf4. tidak ada penyesalan langkah walau Kasnov kalah satu bidak. Selanjutnya Kusnov memainkan kudanya. Kuda melangkah g1-f3, sebuah langkah pembuka permainan catur yang tak lazim diperagakan oleh Kasnov di rumah petak Kurosawa. Air hujan sudah mulai merayap masuk dari pintu belakang rumah petak yang berukuran 2,5 x 5 meter, tapi Kurosawa dan Kasnov bergeming dari kursinya.

pembukaan-muzio-gambitSambil menyeduh tiga cangkir kopi Aceh, Neng Supiah merebus Singkong keju kesukaan Kang Kurosawa, tidak banyak, hanya setengah kilo cukup untuk pengganti makan siang. Kurosawa dan Kasnov, keduanya terdiam sesaat, menoleh kearah radio transistor yang sedang melantunkan Lagu Puing dari Bang Iwan Fals. Ditinggalkan sejenak strategi bermain catur, keduanya lantas melantunkan berbarengan bait syair itu. Tuan, tolonglah tuan. Perang dihentikan. Lihatlah di tanah yang basah. Air mata bercampur darah. Bosankah telinga tuan. Mendengar teriak dendam. Jemukan hidung tuan. Mencium amis jantung korban.

”Nov, kita dengerin lagu ini dulu yah, aku teringat yang ada di sana,”Pinta Kurosawa. Sejenak mendengar lagu Puing, Kurosawa menuangkan kopinya di piring kecil. Masih terdengar, menggema disudut ruangan yang berbilik bambu, Kasnov terhanyut dan mengiringi bait terakhir lagu Puing, Untuk perdamaian. Demi perdamaian. Guna perdamaian. Dalih perdamaian. Mana mungkin bisa terwujudkan. Semua hanya alasan. Semua hanya bohong besar. Perangnya perang…. Nov, kamu hafal juga lagu itu yach,”celetuk Kurosawa.

Dilanjutkannya permainan catur yang terhenti pada langkah ke 18 itu. Tangan dengan jari-jari kukunya yang kurang terawat dan  hitam,  Kasnov masih melakukan permaianan liarnya, kuda melangkah f7-h5, adu strategi dan kekuatan emosi kedua belah pihak tak dapat dihindari dan susah ditebak. Setelah 22 langkah, Kurosawa mulai mendapat keunggulan satu buah kuda. Namun pada langkah ke-27, Kasnov harus meninjau ulang taktiknya. Tapi bukanlah disebut Kasnov kalo tidak bermain dengan gaya permainan liar yang suka mengorbankan salah satu bidaknya untuk membuka jalan kemenangan.  Meski kalah dalam  jumlah prajurit, Kasnov tetap memegang kendali permainan. Memang permainan Kasnov pada sesi ketiga itu membuahkan hasil. Benteng miliknya ditukar dengan menteri. Tidak ada pilihan lain, Kurosawa harus meng-iya-kannya dan langkah terakhir …… Skak Mat. Tersenyum dan tersenyum menandaikan kemenangannya hari itu walaupun skor 2 untuk Kurosawa, 1 untuk Kasnov.

Tak terasa air hujan sudah membasahi kedua kaki meja, Kasnov dan Kurosawa belum beranjak dari kursinya.

(bersambung di lain waktu)

24 Tanggapan to “Puing Cinta”

  1. CATUR, salah satu olah raga yang membutuhkan konsentrasi, stamina, strategi dan daya juang yang tinggi. Dalam permainan ini, segala cara “boleh” dilakukan untuk mencapai kemenangan dengan jalan menjunjung tinggi nilai-nilai sportifitas.
    Catur sama dengan perang, catur beda dengan perang.
    Tidak disadari bahwa langkah kasnov dalam sesi ketiga adalah sebuah langkah yang pernah dimainkan oleh pengarang buku Das Kapital yang waktu itu merupakan langkah pembuka yang cukup disukai pemain catur, salah satu langkah permainan catur modern. mengorbankan bidak pion untuk membuka jalan dan taktik selanjutnya. Gaya Kasnov yang cenderung liar dan gaya Kurosawa lebih mementingkan kesabaran bahkan pemain catur lebih suka bermain cepat untuk menuntaskan permainan tanpa “mengindahkan “strategi”, dia hanya butuh kemenangan.
    Kalah – menang dalam sebuah pertandingan adalah hal yang biasa. Kehormatan seorang pemain ditentukan oleh sportifitas pemain itu sendiri.

  2. wak ceritanya masih nyambung ya!!!!
    asik dong!!!

  3. kasnov, kurosawa, neng supiah?? ini dari kampung negara antah berantah semua ya mbak?

  4. Orang batak, kalo sendiri maen gitar, berdua maen catur, rame minum minum, hahahhaa

  5. Pagi sobat…

    Kalau main catur aku selalu kalah….😦

  6. Main catur harus ditemani dengan kopi.
    Kalo nggak, nggak akan bisa konsen.
    Hehehe..

  7. sayang adegan terakhir, skak mat tidak di capture😉

  8. bang…..kenapa sekarang jadi jarang ke blog aku hayo………..?
    blue ngeselin yah bang.maaf dech OK
    salam persahabatan penuh kehangatan selalu
    apa yg blue tulis kan hanya postingan saja bang……jangan pernah marah ya?

  9. wah sy ga bisa maen catur

  10. loh…sudah menjadi puing-puing…😀

  11. aku ga suka catur, karena nilai yang terkandung dalam permainan ini adalah bagaimana menjatuhkan/menghentikan langkah lawan. bisa dibayangkan kondisi dunia apabila benak setiap orang diliputi rasa ingin menguasai/ ingin selalu menang …, mendingan main gitar, bisa menghayal, bukankah segala kemajuan di dunia karena khayalan, menghayal bisa terbang jadilah pesawat terbang…

  12. maap, maap, telat koment balik.
    ada sesuatu yang tak bisa dijelaskan dengan kata-kata😀

    @ buat semua : matur suwun n’ jarang jalan2 tapi tetap nyempatin kok, PASTI.

    pokoke silahturahim kita tetap terjaga. OK.
    salam hangat😆
    (pinjem dulu ya blue)

  13. kamu penggemar catur juga yah……………

  14. Gak bisa main catur….
    hihi…

  15. bang…………jikaingin lihat bluedengan kondisi blue yang sebenarnya.yang takakan pernah ada kegembiraan dan hura hura ada di…………………….? bersambung dulu sahabat(minjam kalimat si blue hehehe)
    main ke facebook aku bang

  16. Nunggu sambungannya lagi ah!

  17. suhadinet Says:

    Wah…. cerita hebat!
    Jadi pingin tau ditulis bagaimana kelanjutannya.

  18. Tuan, tolonglah tuan. Perang dihentikan. Lihatlah di tanah yang basah. Air mata bercampur darah. Bosankah telinga tuan. Mendengar teriak dendam. Jemukan hidung tuan. Mencium amis jantung korban.

    Pearang dengan alasan apapun akan menyengsarakan, namun berjuang untuk kemerdekaan walaupun menyengsarakan takkan mundur walau selangkah.

  19. bang.selamat malam dan selamat mimpi indah ya.
    selamat menikmati liburan serta salam hangat selalu

  20. tetep! saya tunggu sambungnya…..

  21. This is poem so good so far…
    Salam silaturahim…😉

  22. Yang penting Damai…..

  23. bang……….ini kepuingan blue yang terakhir dipostingan blue karena CINTA.
    semoga setelah itu aku bisa seperti dulu lagi………hancur!
    salam hangat selalu

  24. waow belum ada sambungannya nih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: